Login As : User| LogIn Admin

BTN Bakal Lelang Rumah yang Kreditnya Macet

Oleh : azarya noel | 16-May-2014 PT Bank Tabungan Negara berencana melelang beberapa rumah dari pembeli yang tidak mampu membayar cicilan pembayaran.

"Lelang rumah yang sudah macet kreditnya dan tak bisa dicicil lagi," ujar Maryono, Direktur Utama Bank Tabungan Negara, di peluncuran Mandiri Institute, hotel Four Season, Senin (12/5/2014).

Rencananya, nilai kredit macet dari lelang rumah tersebut bisa mencapai Rp 500 miliar. Nilai rumah yang akan dilelang tidak melihat tipe rumah tersebut, selama kreditnya sudah tidak bisa dicicil. "Jadi tak memisahkan tipe rumah," ungkap Maryono.

Maryono menambahkan, lelang rumah tersebut untuk menekan angka non performing loan (NPL/kredit macet). Pasalnya BTN sendiri menargetkan terjadinya pengurangan angka NPL.

Salah satu cara menekan angka NPL, BTN akan selektif memilih calon pembeli properti. "Dari awal kita selektif supaya cepat tak jadi non kualitas, yang sudah non kualitas kita percepat penjualannya," papar Maryono.

Dari data BTN, non performing loan pada triwulan satu mencapai 3 persen. BTN menargetkan NPL turun hingga 2,6 persen sampai akhir tahun.